Social Icons

Pages

Senin, 16 Juli 2012


INDAHNYA KEBERSAMAAN

“Kebersamaan itu bahagia
Kebersamaan itu indah
Kebersamaan itu kuat”
Itulah beberapa argumen tentang kebersamaan, mungkin ada yang mengatakan bahwa kebersamaan adalah segalanya. Kebersamaan ini tentunya kebersamaan tentang suatu yang positif dan di dalamnya penuh  manfaat.
15 Juli yang lalu kami yaitu aku dan kawan-kawan  seorganisasiku mengunjungi panti asuhan BINA SIWI yang ada di Pajangan Bantul. Perjalanan kami cukup lama, kurang lebih hampir 1 jam. Raut muka bahagia hampir menghiasi wajah-wajah kami. Semangat dan kerja keras yang kami lakukan perlu diacungi 4 jempol. Panas terik perjalanan sampai terlupakan oleh semangat yang terkobar dalam diri.
Setelah sampai ditempat tujuan dengan tak kurang suatu apapun, kami disambut oleh para pengurus panti. Wajah-wajah beliau juga tak kalah semangat dengan wajah-wajah kami. Beberapa anak-anak panti juga turut hadir dalam penyambutan kami.
Deg, terasa bibir tak sanggup ungkapkan kata-kata. Ya rabb terimakasih telah mengingatkan betapa pentingnya untuk selalu mensyukuri setiap nikmatMu. Fisik kami memang berbeda tetapi semangat kami hampir tak terkalahkan oleh semangat mereka. Mungkin mereka lebih tegar dibanding kami yang selalu lalai dalam menyikapi rahmatMu. Banyak ilmu yang kami dapat dari sana. Ilmu-ilmu yang hampir dari setiap jiwa yang lupa dan penuh kelalaian.
Kagum yang luar biasa kepada para pengurus panti, yang senantiasa mengajari mereka dari yang awalnya di vonis bisu dan tuli, tetapi setelah di tempatkan di panti tersebut mereka bisa mengekspresikan perasaannya dari  hati dan kemudian ke mulut-mulut kecil mereka. Sabar  dan semangat yang tinggi untuk memberikan yang terbaik dan mengoptimalkan agar mereka tak di pandang sebelah mata oleh masyarakat setempat tentang fisik mereka. Mereka bisa berkreasi, keuletan mereka mungkin bisa mengalalahkan orang-orang normal seperti kami.

Sungguh mulianya hati seseorang yang mau mengasuh dan merawat anak-anak yatim dan anak-anak-anak yang takk memiliki apa yang seharusnya mereka miliki.
Dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
« أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِى الْجَنَّةِ هكَذَا »  وأشار بالسبابة والوسطى وفرج بينهما شيئاً
Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta merenggangkan keduanya (HR Bukhari).
Hadits yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan dan pahala orang yang meyantuni anak yatim, sehingga imam Bukhari mencantumkan hadits ini dalam bab: keutamaan orang yang mengasuh anak yatim.
Selama disana kami disuguhkan kreasi-kreasi mereka. Ternaya mereka bisa menari,  indah sekali. Subhanallah mereka saja yang secara fisik berbeda dengan kami bisa seperti itu tapi kenapa kita tidak bisa lebih?. Marilah dari masing-masing kita untuk saling bermuhasabah.
Wa allahu a’lam bis showab



0 komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text